Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online, Apa Saja?
Landing Page Website
Posted in artikelBlogMarketingTas Kertas Wedding

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online, Apa Saja?

Tahu nggak sih?? Ternyata pemasaran online memiliki banyak kelebihan loh, namun juga ada kekurangannya.  Jadi, buat kalian para pengusaha, wajib banget nih memahami seluk-beluknya dan  tentu kedua hal itu harus dikolaborasikan. Kenapa?? Agar revenue atau keuntungan yang didapatkan lebih maksimal.  Apalagi, fungsi pemasaran ini sangat luas, mulai dari meghasilkan leads, meningkatkan branding hingga sebagai alat utama untuk menghasilkan pendapatan bisnis.  Jadi, fungsi atau manfaatnya sangat luas. Biar makin meresap, yuk pahami kelebihan dan kekurangan pemasaran online berikut ini: 

  • Jangkauan luas

Jika pemasaran secara offline hanya menjangkau konsumen lokal atau disekitar bisnis aja, pemasaran online bisa menjangkau lebih luas, bahkan bisa sampai di mancanegara. Tak hanya jutaan, bahkan diperkirakan bisa miliaran orang dijangkau setiap harinya, berkat internet.

  • Praktis dan hemat waktu

Tak membutuhkan waktu yang lama untuk melihat hasil dari pemasaran online, bahkan sangat praktis dan tak memerlukan media cetak, seperti brosur. Bahkan, ini juga super prkatis buat pembeli, karena tak perlu pergi kemana-mana, bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan atau diinginkan secara cepat, tanpa harus kemana-mana. Apalagi, buat yang menggunakan i-banking atau m-banking, tentu tambah praktis banget. Selain itu, buat penjual pun bisa melakukan pembayaran pemasaran secara instan dan online.

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online

  • Iklan lebih terukur 

Analisis data yang dihasilkan dari beriklan, bisa membantu kita dalam menentukan strategi selanjutnya. MIsalnya, melalui google ads, jumlah klik yang dihasilkan bisa menjadi salah satu tolok ukur, seberapa efektif iklan yang dilakukan. Jika hasilnya kurang pas, bisa nih diganti dengan jenis iklan lainnya atau diganti keyword yang digunakan.

Selain kelebihan diatas, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh pemasaran online ini, apa aja?? Simak yuuk dibawah ini:

  • Rentan penipuan

Hal yang paling terjadi dalam pemasaran online adalah rentan dengan kegiatan penipuan. Oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab inilah yang membuat pemasaran online kurang maksimal, karena kerpercayaan konsumen menjadi rendah. Bahkan, pemasaran daring ini juga memiliki tantangan besar berupa akun rawan di hack, spamming dan lain-lain.

  • Peraturan yang sering berubah

Kekurangan dari pemasaran online selanjutnya adalah sering berubahnya peraturan pada platform digital. Sehingga, sebagai pelaku usaha maupun pembeli, wajib banget nih memperhatikan detail-detail kecil perubahan yang terjadi.

  • Masih banyak orang yang belum terbiasa belanja secara daring

Walaupun dunia daring semakin berkembnag, namun masih banyak masyarakat yang belum terbiasa atau belum menguasai internet hingga penggunaan smartphone. Bahkan, beberapa orang melakukan pencarian secara online, namun untuk pembeliannya tetap offline. Biasanya hal ini dilatarbelakangi oleh takut akan penipuan hingga belum paham tata caranya.

Baiklah, itu beberapa kelebihan dan kekurangan pemasaran online .  Mau pemasaran online lebih maksimal?? Jangan lupa pakai packaging dari taskertas.web.id. Langsung aja yuk hubungi nomor: 0811-264-8980

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.