Momen Ramadhan yang Selalu Dinantikan
Momen Ramadhan yang Selalu Dinantikan
Posted in artikelBlogHiburanInspirasi

Momen Ramadhan yang Selalu Dinantikan

Semuanya terasa istimewa dan bersahabat, ketika bulan suci mendekat. Hal-hal yang biasanya terasa sepele menjadi sangat berkesan dan seolah tak mau dilewatkan.  Banyak kegiatan di bulan ramadhan yang spesial dan bikin selalu terngiang-ngiang dalam ingatan. Apa aja nih kegiatan yang hanya terjadi dibulan suci?? Yuk simak ulasan berikut ini, biar makin semangat menyongsong ramadhan.

  1. Buka Puasa Bersama di Masjid

Momen ini adalah salah satu yang paling ngangenin, karena sambil menunggu waktu berbuka pasti banyak kegiatan di masjid. Apalagi yang tinggal di desa-desa, pasti remaja sibuk membuat kegiatan untuk anak-anak. Bahkan, beberapa tempat menyediakan menu berbuka yang berbeda dari yang lain. Misalnya nih, di desa mimin kalau bulan puasa, menu berbuka di masjid  pasti bubur krecek dan the manis. Jadi itu udah kayak jadi tradisi turun temurun gitu gais, asik banget kan. Namun, karena pandemi masih berlangsung, kegiatan buka bersama sepertinya bakalan tidak diadakan.

  1. Obrog-obrog

Tradisi obrog-obrog adalah membangunkan sahur dengan cara memukul tetabuhan sederhana pada jam 02.00 hingga 03.30. Biasanya dilakukan di daerah Pantura Cirebon. Bahkan, indramayu dan majalengka juga melakukan tradisi unik ini. Hal-hal seperti ini pasti bikin pengen cepat-cepat memasuki bulan puasa, apalagi remaja-remaja nya pasti pada semangat banget nih.

Momen Ramadhan yang Selalu Dinantikan

  1. Sholat Tarawih Berjamaah

Hanya bisa dilaksanakan saat bulan ramadhan aja dan biasanya berjamaah di masjid. Akan tetapi, situasi saat ini belum stabil, jadi alangkah baiknya sholat tarawih dirumah. Walaupun dirumah, kamu tetap bisa kok berjamaah bersama keluarga maupun secara sendirian atau munfarid.

 

  1. Ngabuburit berburu takjil

Wah ini nih yang paling ditunggu-tunggu, apalagi dipinggir-pinggir jalan banyak pedagang yang mulai menggelar lapaknya saat sore hari.  Bahkan, ketika menjelang buka puasa, banyak organisasi atau masyarakat yang membagikan takjil secara gratis. Jadi mau yang mana nih, beli atau gratisan??

  1. Mudik

Dipenghujung ramadhan, banyak orang yang pulang ke kampung halamannya. Apalagi yang merantau di luar daerah, pasti berbondong-bondong balik ke daerah masing-masing. Bahkan, lebaran terasa tidak lengkap tanpa mudik dan berkumpul bersama keluarga. Namun, jika keadaan tidak memungkinkan untuk kembali, kamu bisa bersua melalui video call atau telepon. Saat ini serba bisa dan canggih jadi kamu jangan sampai risau karena tidak bisa pulang ke kampung.

  1. Sholat Subuh berjamaah di Masjid

Biasanya pada semangat banget nih kalau bulan puasa, apalagi setelah sholat dilanjut kultum. Nah, setelah itu dilanjut dengan jalan-jalan ria bersama teman-teman sebaya. Bahkan, banyak juga anak-anak kecil yang bermain petasan di area persawahan, setalah sholat subuh di masjid.

Setelah membaca ulasan kegiatan ramadhan yang mimin sampaikan, pasti pada nggak sabar buat segera memasuki bulan puasa. Mumpung masih ada waktu, yuk perbaiki diri mulai dari sekarang agar beribadah jadi makin tenang dan nyaman. Buat yang masih ada hutang puasa, segera dilunasin ya gais.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.